PERKEMBANGAN ANAK

SELAMAT DATANG DI BLOG INI...................
BLOG INI BERISI KUMPULAN ARTIKEL - ARTIKEL TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN SI KECIL DARI BEBERAPA SUMBER............
SEMOGA BLOG INI BISA MENAMBAH WAWASAN & PENGETAHUAN TENTANG PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN SI KECIL ANDA..........

Rabu, 18 Juli 2012

Nutrisi Tepat Si Kecil 4-5 Tahun

Nutrisi Tepat Untuk 4-5 Tahun (Sumber : tabloid Nikita )

Kebutuhan energi anak usia ini lebih besar dibandingkan anak batita yakni sebesar 1.550 kkal dan kebutuhan protein 39 g. Di usia ini anak butuh kalsium dan fosfor dalam kadar tinggi untuk memperkuat tulang karena anak semakin tumbuh tinggi juga untuk pertumbuhan giginya. Kandungan yang dibutuhkan adalah tinggi kalsium dan fosfor dan 11 asam amino esensial. Sementara zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan seperti vitamin 450 RE, folat 200 µ, kalsium 500 mg, zat besi 9 mg, yodium  120 µ, dan zat seng 10,3 mg. Mereka pun membutuhkan asupan DHA dan kolin.
Di usia ini pun kerapkali muncul penolakan keras terhadap sayur. Apalagi jika anak sudah telanjur mengenal junk-food yang rasanya gurih dan minuman yang manis. Untuk sementara sayur bisa diganti dengan buah karena kandungan vitaminnya relatif sama. Bagi anak yang tidak suka buah, jangan menyerah, carilah cara mengolah buah-buahan dengan kreatif. Bisa dengan dibuat jus buah, es buah, atau dengan penyajian unik sehingga menarik perhatian anak. Pilihlah buah segar dan manis sehingga anak menyukainya.
Di usia ini, otoritas anak sudah lebih kuat dan ia mulai bergaul dengan teman-temannya. Hal ini akan membuat anak semakin sulit makan. Wujudnya bisa beragam seperti suka menunda makan, mengikuti selera makan teman: senang makan yang manis-manis, tidak suka sayuran, pilih-pilih makanan, suka jajan, dan lain-lain. Padahal di sisi lain asupan nutrisinya harus lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya supaya tidak mudah terserang penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar