PERKEMBANGAN ANAK

SELAMAT DATANG DI BLOG INI...................
BLOG INI BERISI KUMPULAN ARTIKEL - ARTIKEL TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN SI KECIL DARI BEBERAPA SUMBER............
SEMOGA BLOG INI BISA MENAMBAH WAWASAN & PENGETAHUAN TENTANG PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN SI KECIL ANDA..........

Selasa, 24 Juli 2012

15 Camilan Pilihan Untuk Balita

milan Pilihan Untuk Balita
Selain untuk mengganjal perut sebelum waktu makan tiba, camilan bisa melengkapi gizi anak. Disarankan agar anak mendapat dua kali makanan selingan setiap hari, antara sarapan dengan makan siang, serta antara makan siang dengan makan malam. Tetapi dari sekian banyak produk camilan di pasaran, tidak semuanya sehat. Banyak yang nilai gizinya nol, bahkan mengandung terlalu banyak zat aditif sehingga bila sering dimakan bisa mengganggu kesehatan anak. Berikut 15 camilan pilihan Ayahbunda.
  1. Tao Kae Nori. Nori berbentuk lembaran kertas hijau ini tidak hanya untuk membungkus sushi saja, tapi juga enak dimakan langsung. Nutrisi yang terkandung di dalam nori bahkan tertinggi di antara rumput laut lainnya. Selain kaya serat, vitamin dan mineral seperti zat besi dan kalsium, kandungan proteinnya tidak kalah dengan kacang kedelai.
  2. Roma Sari Gandum. Tekstur biskuit ini memang lebih kasar dibanding biskuit biasa karena mengandung bulir-bulir gandum. Namun, tekstur kasar itulah yang menjadi nilai lebih, yakni lebih kaya serat, mineral dan vitamin, seperti vitamin B1, B2, B6 dan B12. Gandum utuh juga baik untuk melancarkan fungsi pencernaan, bekal untuk mencegah kanker usus.   
  3. Want&want Rice Crackers. Di Jepang, camilan dari beras ini dikenal dengan sebutan senbei. Rasanya gurih dengan sedikit rasa manis berasal dari lelehan gula di permukaannya. Keunggulan camilan ini, mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan mudah diubah menjadi gula darah sehingga bisa cepat mendongkrak energi.
  4. Jacob’s High Calcium Vegetable. Ada banyak pilihan crackers di pasaran dan tergolong camilan sehat untuk anak. Ayahbunda memilih Jacob’s high calcium vegetable apalagi kalau bukan karena adanya tambahan potongan sayur. Crackers ini juga diperkaya dengan kalsium yang baik untuk tulang si kecil dan juga mengandung vitamin A untuk antibodi dan vitamin D untuk penyerapan kalsium.
  5. Mr P Roasted  Peanut. Bagi yang tidak punya alergi kacang, camilan ini pas untuk mengenyangkan perut yang keroncongan karena kaya serat. Kacang juga terkenal mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Asam lemak omega 3 yang dikandung kacang bisa mencegah penyakit jantung dan L-arginine membuat dinding pembuluh darah tidak mudah tersumbat. Pilih kacang panggang karena proses pemasakan cara ini lebih sehat dibanding digoreng.
  6. Sun Maid Raisins. Si kecil senang camilan manis? Jangan lupa sikat gigi sesudahnya. Nah, kalau Anda memberinya camilan kismis, tidak perlu khawatir giginya rusak. Sebaliknya, kismis justru baik untuk kesehatan gigi dan gusi karena mengandung fitonutrien dan asam oleanolic yang menjaga kesehatan mulut. Kismis juga kaya antioksidan dan baik untuk kepadatan tulang.
  7. Biskuat Bolu. Lezatnya bolu bisa dinikmati anak dalam kemasan yang potongannya pas masuk mulut. Selain mengandung susu dan gandum, bolu ini diperkaya vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, D, dan E) serta mineral (selenium, yodium, seng, kalsium dan zat besi). Bukan penggemar cokelat? Masih ada dua varian rasa yang bisa dipilih; pandan atau stroberi. Tak kalah lezatnya.
  8. Cadbury Dairy Milk. Cokelat bisa jadi pilihan camilan yang sehat. Tentu masih di bawah pengawasan bunda agar si kecil tidak makan berlebihan dan sesudahnya sikat gigi. Di dalam cokelat terkandung flavonoid yang bagus untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi cokelat, kadar  antioksidan di dalam darah meningkat. Cokelat juga bagus dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas fisik, misalnya olahraga.
  9. Orgran Mini Outback Animals. Camilan biskuit berbentuk hewan ini baik untuk anak-anak penderita autisme. Penelitian yang dilakukan oleh Unit Penelitian Autisme di Universitas Sunderland, Inggris, menemukan makanan bebas kasein (kandungan dalam susu) dan bebas gluten (ada dalam gandum, barley dan rye) baik untuk diet anak autis. Camilan ini juga cocok untuk anak-anak yang punya alergi kacang dan telur.
  10. Dahfa Dried Fish Fillet. Selain jadi kerupuk, daging ikan juga bisa diolah menjadi camilan nikmat. Daging ikan yang bentuknya seperti mie pendek yang sedikit kenyal ini bisa dimakan langsung atau ditaburkan di atas bubur. Aroma ikannya memang sedikit menyengat, tapi rasanya manis-gurih dan sedikit pedas! Karena terbuat dari ikan, camilan ini mengandung karbohidrat, protein serta mineral, seperti kalium dan kalsium.
  11. Genji Strawberry Pie. Bagi penggemar stroberi yang merupakan sumber vitamin C, pilihan jatuh pada camilan ini. Rasa manis dari selai stroberi cocok dikombinasikan dengan tekstur pie yang sedikit kasar. Camilan ini lebih nikmat lagi bila ditemani dengan segelas susu.
  12. Carmans Fruit Muesli Bars. Muesli adalah campuran dari oat, kacang-kacangan seperti almond, hazelnuts, pecan, biji bunga matahari, serta buah yang dikeringkan, seperti apricot, sultana, dan kismis dengan tambahan madu. Campuran buah dan kacang bergizi ini memang lebih nikmat bila disantap bersama susu untuk sarapan. Namun muesli berbentuk batangan bisa juga dimakan langsung. Praktis dan kenyang!
  13. Fortune Tuna Spread with Crackers. Ada cara lain untuk menikmati lezat dan bergizinya tuna. Ikan tuna yang lembut dioles di atas crackers yang renyah. Hmmm… lezat! Kalau si kecil susah makan ikan, dia mungkin tidak menolak jika Anda menawarkan camilan ini. Tuna juga tidak mudah kehilangan kandungan vitamin dan mineral, meski telah melalui proses pengalengan. Tuna adalah sumber protein, potasium, selenium, dan vitamin B12 yang baik.  
  14. Pepperidge Farm Goldfish Baked Snack Crackers. Camilan berbentuk ikan lengkap dengan mata dan mulut yang tersenyum ini bisa membuat anak Anda tidak berhenti mengunyahnya. Tidak masalah karena camilan ini menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet, serta tidak menggunakan lemak trans. Selain itu juga mengandung zat besi dan kalsium.
  15. Ubi Chips. Jangan salah, ubi sudah jadi camilan yang mendunia karena kandungan nutrisinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ada karotenoid yang membantu menstabilkan gula darah hingga membantu metabolisme. Ubi juga kaya serat, vitamin, mineral dan antioksidan. Ketika menggigit keripik ubi ini, kriuk! Renyah, sama seperti keripik kentang. Namun, ada after taste manis karena terbuat dari ubi ungu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar