PERKEMBANGAN ANAK

SELAMAT DATANG DI BLOG INI...................
BLOG INI BERISI KUMPULAN ARTIKEL - ARTIKEL TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN SI KECIL DARI BEBERAPA SUMBER............
SEMOGA BLOG INI BISA MENAMBAH WAWASAN & PENGETAHUAN TENTANG PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN SI KECIL ANDA..........

Selasa, 17 Juli 2012

Batita, Belajar mengenal jadwal!!!

Belajar Mengenal Jadwal Harian
Senin, 16 Juli 2012
Di usia batita,  anak belum bisa diajak untuk bersepakat mengenai jadwal sehari-hari. Yang bisa dilakukan adalah menata, mencontohkan, dan mengarahkan apa saja yang harus ia lakukan. Anak perlu diberikan nilai-nilai dan aturan hidup supaya sejak dini ia bisa menjadikannya sebagai bagian dari dirinya. Kala si kecil diminta untuk mandi pagi, katakan, “Supaya tubuh kita bersih.” Itu adalah sebuah nilai yang perlu dipahami anak.
Seiring bertambahnya usia,  urutan kegiatan anak akan berubah sesuai dengan kebutuhannya. Jika tidur siang anak satu tahun dilakukan dua kali, pukul 09.00–10.00 dan pukul 12.00–14.00. Di usia menjelang tiga tahun, kebiasaan ini bisa saja berubah. Jadwal tidur siang anak menjadi satu kali.Perubahan-perubahan seperti  ini perlu disikapi dengan baik. Tata kembali rutinitas dengan menyesuaikan kebutuhan anak.
Hal lain yang perlu diperhatikan, pemahaman anak batita terhadap kegiatannya baru sebatas manfaat jangka pendek. Contohnya, tidur untuk menghilangkan letih, makan supaya tidak lapar, minum agar tidak haus. Jadi, bukan dalam artian bahwa tidur, makan dan minum dilakukan supaya ia sehat, bugar, serta kebutuhan gizinya terpenuhi. Namun begitu, maksud dan tujuan jangka panjang seperti ini tetap harus dijelaskan pada anak agar tertanam kuat dalam kerangka berpikirnya. Agar dapat diikuti, penataan urutan aktivitas anak perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaannya.
Jika anak menunjukkan gejala lapar sekitar pukul 12.00,  saat itulah jadwal makan siangnya. Jika dipercepat, mungkin ia akan menolak makan. Atau kala jadwal bangun pagi anak adalah pukul 08.00, jangan paksa ia bangun pukul 06.00, karena akan sulit menerapkannya. Yang bisa kita lakukan adalah mengubah jadwal itu secara perlahan. Lakukan perubahan secara halus dengan mempercepat jadwal tidur malam, melakukan aktivitas menarik yang disenangi anak di pagi hari, dan lainnya.
Apa yang dilakukan anak pun adalah hasil dari peniruan. Sesungguhnya tanpa disadari ia melihat contoh nyata yang dilakukan oleh orangtuanya. Jika kita terbiasa tak memiliki aturan; terbiasa bangun siang, kadang makan pagi kadang tidak, itu adalah sebuah contoh yang akan anak ikuti.
Jadi dengan memberi sebuah contoh yang baik, anak pun akan belajar hal yang baik. Kalau kita ingin anak melakukan rutinitas dengan teratur maka kita harus teratur lebih dulu dan anak akan mengikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar