PERKEMBANGAN ANAK

SELAMAT DATANG DI BLOG INI...................
BLOG INI BERISI KUMPULAN ARTIKEL - ARTIKEL TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN SI KECIL DARI BEBERAPA SUMBER............
SEMOGA BLOG INI BISA MENAMBAH WAWASAN & PENGETAHUAN TENTANG PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN SI KECIL ANDA..........

Rabu, 14 November 2012

Melatih Menulis dengan Permainan

Berlatih Menulis dengan Permainan
Dalam melatih balita menulis, rancanglah sejumlah permainan yang menyenangkan. Mengingat, melalui cara inilah anak belajar. Carilah cara yang tidak memudarkan kemauan berlatihnya.

John Worobey, Ph.D, psikolog perkembangan dan pendidik anak usia dini dari Rutgers University, Amerika Serikat, menyarankan beberapa cara yang untuk menyokong keterampilan anak menulis.
  • Saat Anda menulis daftar belanjaan, misalnya, minta anak Anda mengikuti. Cara ini membuat anak menyadari pentingnya keterampilan menulis dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, Anda perlu membuat tulisan sejelas dan sebesar mungkin, agar mudah diikuti anak.
  • Bermain dengan huruf magnet. Ini dilakukan untuk melatihnya menulis dan mengeja. Atau, Anda dapat memberinya majalah atau buku anak-anak yang memuat tugas menulis.
  • Buat agar aktivitas ini tidak membosankan anak. Misalnya, menyatukan titik-titik yang berbentuk huruf. Pilih pensil berwarna atau krayon warna merah untuk huruf A, warna biru untuk huruf B, dan lainnya. Cara ini membantunya mematuhi aturan dan mengajarkan ketelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar